Meniru Pola Hidup Orang Jepang untuk Umur Panjang

Banyak orang yang beranggapan bahwa Jepang adalah negara yang dihuni penduduk dengan predikat paling panjang umur di seluruh dunia. Menurut 'The Japan Times', terdapat 2 jutaan warga yang berusia di atas 90 tahun. Dan populasi tua, di Jepang masuk dalam kategori tertinggi sedunia dengan porsentase sekitar 27,7% dari total populasi di negara Jepang.



Tak hanya berumur panjang, mereka pun masih bisa dikatakan sebagai ULAMA (Usia Lanjut Masih Aktif). Di mana di usianya yang sudah lanjut masih bisa produktif dan beraktivitas dengan sehat. Terdapat sekitar 7 jutaan warga Jepang yang masih aktif bekerja di negara tesebut. Baik di kantor, kebun, atau industri. 

Pertanyaannya, kok bisa ya, mereka masih sehat bugar, padahal sudah lanjut usianya. Nah, berikut ini adalah pola hidup orang Jepang yang membuat mereka tetap aktif di usia mereka yang sudah lanjut.

Teh Hijau

Negara Matahari Terbit ini terkenal dengan minuman teh hijaunya alias Green Tea. Baik dalam bentuk tradisional atau bambu, kemasan botol, hingga menjadi es krim, teh hijau sudah menjadi minuman sehari-hari orang Jepang. Mengingat bahwa teh hijau mengandung dan kaya akan anti-oksidan, membuat orang Jepang tampak terjaga kesehatan tubuh.


Seafood

Ternyata, rahasia pola hidup orang Jepang selain teh hijau adalah makanan yang dikonsumsinya. Yaitu makanan laut alias seafood. Kita tahu bahwa seafood mengandung banyak omega 3, di mana kandungan ini mampu menjaga kesehatan jantung. Itu sebabnya, kenapa orang Jepang yang sudah berusia 65 tahun ke atas masih bisa bergerak aktif dan mampu bekerja dalam kesehariannya. Karena jantung mereka masih terjaga karena makanan yang dikonsumsinya setiap hari.

Kacang Kedelai

Ternyata, rahasia pola hidup orang Jepang selanjutnya adalah sering makan makanan yang mengandung banyak protein. Salah satunya adalah kacang kedelai. Baik dijadikan tahu, tempe atau yang lainnya, orang Jepang sangat suka mengkonsumsinya. Tapi kebanyakan kacang kedelai ini diolah menjadi tofu alias tahu. Karena kacang kedelai mengandung nutrisi dan protein yang sangat banyak untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain diolah menjadi tofu, di Jepang kacang kedelai juga sering diolah dan difermentasi menjadi natto. Tak asing kan dengan makanan ini? Ya, makanan khas Jepang yang sangat kaya akan protein ini mampu menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit dan bugar.

Asinan Sayuran

Siapa yang pernah makan asinan sayuran? Di Indonesia sendiri, asinan sayuran sudah mulai banyak beredar dan dijadikan lalapan untuk makan. Ternyata memang pelopor asinan sayuran ini adalah negara matahari terbit. Banyak yang mengatakan bahwa asinan sayuran ini dijadikan menu utama mereka ketika mereka sedang menjalani diet.

Menjalani diet dengan makan makanan yang berfermentasi ini adalah salah satu budaya negeri Jepang. Yang disebut sebagai kultur ferementasi. Di mana orang Jepang suka makanan asinan sayuran atau dalam bahasa Jepangnya adalah Tsukemono. Di mana makanan ini sangat baik untuk pencernaan kita.

Jadwal Makan

Ternyata orang Jepang sangat disiplin sekali soal waktu makan. Mereka tidak pernah telat untuk makan ataupun berlebihan dalam makan. Ketika mereka makan pun sering menggunakan porsi kecil, tapi tepat pada waktu. Selain itu, mereka memiliki budaya, di mana ketika makan, mereka jarang untuk ngobrol, agar sistem pencernaan tubuh bisa bekerja lebih optimal dan efektif. Inilah sebabnya makanan yang dimakan orang Jepang dapat menjadi energi bagi tubuh mereka karena makanan yang mereka makan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan menjadi energi bagi tubuh.

Makanan yang berlebihan ini sangat tertib dilakukan oleh orang Jepang. Karena itulah prinsip orang Jepang yang disebut sebagai Okinawa Hara Hachi Bu. Di mana mereka akan makan secukupnya dan memiliki porsi kenyang hingga 80 persen. Karena makan yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Di mana sistem pencernaan tubuh tidak akan bisa bekerja secara optimal, dan akhirnya kita tidak bisa bekerja secara optimal karena kekenyangan. 

Mandi Berendam

Ternyata bukan hanya berhubungan dengan makan atau minum saja. Pola hidup yang membuat orang Jepang berumur panjang adalah mandi berendam yang sudah menjadi kebiasaan mereka. Perlu diketahui, menurut penelitian kesehatan bahwa mandi berendam dapat menghilangkan stres lebih efektif dibandingkan dengan mandi yang biasa kita gunakan. Apalagi kalau kita berendam dengan air alami dan mineral yang hangat. Tentu akan membuat badan kita tetap segar dan bugar.

Olahraga Rutin

Tentunya mereka juga memiliki kebiasaan olahraga rutin. Tidak seperti kita yang malas-malasan untuk bangun pagi dan berolahraga. Meskipun mereka harus berangkat kerja di pagi hari, tapi mereka tak pernah lupa untuk menyisihkan waktu 30 menit untuk berolahraga alias menggerakkan badan sedikit saja. 

Bahkan di Jepang sendiri memiliki program olahraga rutin yang disebut Rajio Taiso. Program ini menghimbau pada warga Jepang untuk melakukan olahraga.

Lowongan Kerja Khusus Lansia

Karena di Jepang orang lanjut usia masih bisa beraktivitas, maka di negeri ini terdapat lowongan kerja khusus para lansia. Di mana lowongan tersebut memang khusus untuk para orang tua yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Salah satunya adalah Silver Human Resource Centre yang mengkhususkan orang tua lanjut usia untuk bekerja. Jadi mereka akan tetap aktif seperti saat mereka masih muda.

Hobi

Ternyata, orang Jepang memiliki prinsip dalam diri mereka, bahwa mereka akan menjalani hobinya hingga usia mereka ditutup. Ya, prinsip ikigai yang merupakan prinsip dalam diri orang Jepang untuk terus menjalani hobi mereka hingga mereka menutup usia. Alasan hidup inilah yang membuat mereka malah semakin panjang umur.

Menghormati Orang Tua

Pemerintahan Jepang sangat menghormati dan menghargai Jepang. Di mana mereka menaganggap bahwa orang tua di negaranya adalah aset penting bagi negara. Itu sebabnya di negara Jepang sering memberikan penghargaan bagi orang tua yang sudah lanjut usia tapi masihi tetap aktif bekerja dan bergerak.

Nah, itulah beberapa pola hidup orang Jepang sebagai rahasia untuk umur panjang. Kita bisa menerapkan kebiasaan Jepang untuk menjaga kesehatan kita. Tak salah bukan untuk meniru hal baiknya?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel