Konsumsi Madu Sebelum Tidur, untuk Kesehatan Tubuh Kita

Mungkin kita sering mendengar banyak saran dari teman, kerabat, atau keluarga untuk minum secangkir susu hangat dan dicampur dengan satu sendok teh madu sebelum tidur. Hal ini wajar, karena memang pada dasarnya madu adalah bahan alami yang sangat dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk kesehatan apalagi dikonsumsi sebelum tidur.



Madu memang sudah digunakan sebagai obat alami sejak dulu kala. Karena madu madu memang memiliki kandungan zat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka dan juga bersifat antir-adang.

Madu juga mampu melawan berbagai infeksi dalam tubuh, sehingga madu juga dikenal sebagai zat anti-diabetes yang mampu mengurangi kadar gula darah. Madu pun juga sangat bekerja secara optimal dalam menangani pilek dan batuk sebagai obat tradisional.

Tak hanya itu. Madu pun mampu mengobati infeksi saluran pernapasan kita. Nah, ingin tahu apa saja manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi madu sebelum tidur? Yuk simak terus artikel ini.

Menjaga Hati

Perlu diketahui, bahwa hati memerlukan bahan bakar di malam hari. Nah, madu adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi hal ini. Karena madu mampu merangsang hati untuk memproduksi gula dalam tubuh yang mana dapat meningkatkan pelepasan hormon pembakaran lemak secara optimal. Karena madu mengandung fruktosa dan glukosa yang sangat baik untuk hati di malam hari atau ketika kita sedang tidur.

Obat Batuk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa madu sangat bagus sebagai pengobatan alternatif mengatasi batuk dan pilek. Apalagi, jika dikonsumsi sebelum tidur. Nah, madu sangat cocok untuk anak-anak yang sedang mengalami batuk dan pilek. Anda bisa mencoba meminumkan madu sebelum tidur pada sang buah hati, jika mereka sedang sakit batuk atau pilek. Cukup minum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur.

Mengatasi Lapar di Malam Hari

Kebanyakan, setelah makan malam kita akan terasa lapar di malam hari. Itu sebabnya kita sering ingin nyemil di malam hari. Dan umumnya orang akan memilih nyemil di malam hari, sehingg membuat lemak menumpuk swebelum tidur. Hal ini sebenarnya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, minum madu sebelum tidur adalah cara terbaik untuk mengatasi lapar di malam hari. Karena madu mengandung gula alami yang dapat menaikkan kadar gula darah kita.

Madu Menyehatkan Kulit

Kandungan madu bersifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan, sehingga mampu dijadikan sebagai obat kulit atau perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan adanya kandungan di dalam madu, membuat kulit menjadi lebih halus dan lentur, jika kita mengkonsumsi madu sebelum tidur.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa madu memiliki antioksidan, di mana kandungan ini mampu melawan radikal bebas juga mencegah serangan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Karena madu juga kaya akan polifenol yang mampu mencegah adanya penyakit yang menyerang jantung dan kanker.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel