Donald Trumpt Melarang Teknologi China di Amerika Serikat

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat, orang nomor satu di Amerika Serikat, bisa dibilang sebagai orang nomor satu di dunia. Kabarnya Trumpt telah meluncurkan kebijakan eksekutif berupa larangan penggunaan teknologi dari perusahaan China di negara Adikuasa ini secara total. Artinya, semua warga Amerika Serikat bahkan turis yang berada di Amerika Serikat telah dilarang untuk menggunakan semua perangkat buatan China.



Ya, bisa dibilang memang dari dulu Trumpt terkenal dengan sensasi yang menggemparkan dunia. Apalagi memang dari dulu dikenal sebagai orang anti China. 

Tentunya kebijakan tersebut akan menjadi viral ke seluruh penjuru dunia, di mana kebijakan tersebut dikenal dengan istilah 'International Emergency Economic Powers Act'. Namun kebijakan ini tentunya memerlukan persetujuan dari legislatif agar kebijakan ini benar-benar sah dan mulai bisa diterapkan di negaranya.

Di balik kabar kebijakan dari Donald Trumpt, ternyata ada kabar burung juga, bahwa terdapat beberapa perusahaan China yaitu ZTE dan Huawei yang dianggap sebagai mata-mata di Amerika Serikat.

Nah, mungkin kebijakan ini tidak akan berjalan dengan mulus tentunya. Karena pasalnya terdapat kabar kalau Amerika Serikat bakal memunculkan teknologi jaringan terbaru yaitu internet 5G. Di mana jaringan ini tentu mampu lebih cepat dibandingkan dengan jaringan internet 4G.

Perlu diketahui bahwa ZTE dan Huawei adalah dua perusahaan yang menyediakan teknologi 5G. Jadi, tidak bisa dipungkiri lagi, kalau kebijakan mengenai larangan penggunaan teknologi China itu akan sulit dilakukan. Makan Buah Simalakama. Karena nantinya akan mempersulit implementasi jaringan generasi alias G5 nantinya.

Amerika Serikat Tidak Mengizinkan Huawei dan ZTE Mengimplementasi 5G

Mengenai kebijakan tersebut, maka operator Amerika Serikat tidak akan diizinkan untuk menggunakan teknologi Huawei dan ZTE dalam mengimplementasikan jaringan 5G. Bahkan teknologi 3G dan 4G pun bisa saja akan digantikan dengan jaringan lain.

Tak hanya Amerika Serikat, tenyata kebijakan ini sepertinya mulai diikuti oleh beberapa negara lain. Salah satu contohnya adalah negara Inggris. Di mana British Telecom mulai menyampaikan bvahwa teknologi 5G dari Huawei tidak akan digunakannya lagi di Britania Raya.

Pada dasarnya, Donald Trump memberikan kebijakan mengenai larangan penggunaan teknologi China ini dikarenakan kekhawatirannya terhadap keamanan Amerika Serikat yang mulai terancam dengan keberadaan teknologi China di Amerika Serikat.

Sampai sekarang pun, mengenai teknologi ZTE dan Huawei akan diblokir sepenuhnya di Amerika Serikat masih belum jelas kapan akan dilaksanakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel