5 Tips Menjalin Keluarga Harmonis dan Bahagia

Memiliki keluarga yang harmonis adalah dambaan bagi siapa saja, baik dari laki-laki maupun perempuan. Karena keharmonisan keluarga bisa membawa keluarga pada kebahagiaan dan bisa dijadikan sebagai penunjang karir kita. Dampak pada anak pun juga berpengaruh besar. Dengan adanya keluarga yang harmonis, akan membuat anak akan betah di rumah alias tidak broken home dan mampu menjadi anak yang berpotensi. Yang jadi pertanyaan banyak orang adalah, bagaimana cara membentuk keluarga harmonis? Nah, langsung saja kita simak artikel ini yang akan memberikan 5 tips memiliki keluarga harmonis.



1. Merencanakan Masa Depan


Memiliki planning ke depan, tentu dapat membantu kehidupan rumah tangga yang tentram dan harmonis. Untuk itu, Anda perlu merencanakan rumah tangga dengan pasangan Anda, dari soal finansial, anak, jadwal kegiatan, dan lain sebagainya. Tentunya, jika memiliki hal-hal yang sudah direncanakan, Anda dan pasangan akan dapat menjalani kehidupan rumah tangga yang nyaman dan tentram.

2. Berhubungan Intim Secara Rutin


Salah satu penyebab pecahnya rumah tangga adalah jarang melakukan hubungan intim. Hal ini biasanya terjadi pada pasangan yang sudah lama menjalin hubungan rumah tangga. Apalagi untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Nicaya, hal ini bisa merusak keharmonisan rumah tangga Anda. Jadi, kalau kita telaah istilah 'hubungan intim' bahwa istilah tersebut memiliki arti bahwa hubungan tersebut adalah hubungan yang lebih dalam lagi. 

Bisa dikatakan kalau hubungan intim bukan hanya hubungan seksual saja. Itu berlaku dalam ilmu biologis saja. Melainkan dalam ilmu Sosial, hubungan intim ini bisa juga diartikan menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan secara intens. 

3. Jujur dan Terbuka


Jangan pernah sekali-kali menyembunyikan atau merasakan masalah sendiri dalam berumah tangga. Coba sampaikan masalah Anda, jika memiliki masalah. Karena dengan jujur dan terbuka, maka Anda bisa menjalin keluarga harmonis. Dengan adanya kejujuran dari pasangan, maka Anda bisa saling mendukung dan bisa mengatasi masalah tersebut bersama-sama.

Ingat, kejujuran adalah kunci utama dalam segala hal, termasuk dalam menjalin hubungan rumah tangga. Sehingga bisa dikatakan bahwa kejujuran bisa membina keluarga harmonis dan bahagia. Coba utarakan segala keluhan, termasuk pengeluaran bulanan, pendapatanmu, atau hal lainnya. Karena lebih baik ceritakan saja daripada ujung-ujungnya akan berakibat fatal nantinya. 

Hal ini juga mampu menunjang hubungan intim alias komunikasi yang baik dengan pasangan.

4. Hindari Perbuatan yang Tidak Disukai Pasangan


Jika Anda sudah hapal dengan pasangan Anda, tentu Anda juga mengetahui hal apa yang dibenci oleh pasangan Anda. Nah, salah satu tips membina keluarga harmonis adalah dengan tidak melakukan hal yang tidak disukai pasangan. Contohnya adalah merokok, pulang malam, minum-minuman, atau hal yang lainnya contohnya. Toh, hal-hal buruk tersebut, bisa jadi malah membuat Anda hidup sehat. Karena pada dasarnya, pasangan Anda melarang itu berarti, dia menyayngi Anda dan agar Anda tidak jatuh sakit.

Jadi, mulai sekarang coba hindari hal-hal yang sekiranya bisa memicu terjadinya pertengkaran dengan pasangan. Dengan begitu, maka Anda pun bisa menjalin hubungan rumah tangga yang nyaman dan tentram.

5. Konsisten Berperan


Seperti lagunya Goodbless, "Setiap insan, dapat satu peranan, yang harus, kita mainkan." Sebenarnya kalimat dalam lagu tersebut bisa kita terapkan ke dalam cara membuat keluarga harmonis. Yaitu, kita harus konsisten berperan. Dengan kata lain, sebagai suami, kita harus menjalankan tugas kita sebagai suami, begitu juga dengan istri, harus konsisten menjalani perannya sebagai istri. Dan lakukan hal ini dengan konsisten, maka Anda bisa membuat keluarga Anda menjadi harmonis dan bahagia.

Nah, itulah 5 cara membentuk keluarga harmonis. Anda bisa mencobanya mulai sekarang. Karena pada dasarnya, kita akan lebih sulit mempertahankan dibandingkan dengan memulainya. Semoga kita semua bisa menjaga keluarga yang harmonis dan bahagian. Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel