5 Gerakan Senam Wajah Yang Bikin Pipi Tirus Dan Awet Muda

senam wajah

Senam wajah untuk mengencangkan kulit - Semua wanita tentunya tidak ingin memiliki kulit wajah yang keriput, sehingga berbagai macam cara pun dilakukan.

Namun perlu Anda ketahui ladies, daripada melakukan perawatan yang mahal, sebaiknya untuk mengencangkan kulit wajah agar tetap awet muda juga bisa di siasati dengan senam wajah.

Dikutip dari CNN Indonesia bahwa pada wajah terdapat 40 otot yang harus terus dilatih untuk tetap bergerak, manfaatnya agar kelenturannya tidak hilang. Sebab jika kulit wajah tidak terus dilatih untuk bergerak akibatnya elastisitas wajah berkurang bahkan memicu timbulnya penuaan dini.

Bahkan menurut Dokter Kecantikan Sonia Wibisono mengemukakan Biasanya umur 25 tahun sudah mulai proses penuaan,

Ia juga menambahkan, agar penuaan dini bisa dihindari, otot pada wajah harus dilatih. "Otot wajah harus diaktifkan, minimal melatih melatih otot di sekitar mulut dan pipi," tambahnya.

Melakukan senam wajah merupakan cara yang efektif dan mungkin terbilang paling sederhana. Karena dengan waktu 5 menit saja secara rutin dilakukan sebelum tidur, manfaatnya Anda bisa lebih cantik awet muda meskipun sudah usia 30 tahun keatas.

Melakukan gerakan senam wajah sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengucapkan huruf vokal A, I, U, E, O dengan mulut yang terbuka lebar, dan lakukan cara tersebut selama 15 detik.

Namun, selain cara diatas ternyata masih banyak gerakan senam yang dapat membantu wajah agar nampak awet muda.

Gerakan Senam Wajah Untuk Mengencangkan Kulit Dan Awet Muda

Bagi Anda yang penasaran bagaimana gerakan senam wajah yang benar, berikut ini ada beberapa gerakan yang bisa Anda coba dirumah sebelum tidur.

1. Bagian Dahi

senam wajah untuk menghilangkan kerutan di dahi

Anda harus merapatkan empat jari-jari anda dengan ibu jari dan dilipat kedalam, lalu tempatkanlah di pelipis. Lebih jelasnya jari sebelah kiri anda kepelipis sebelah kiri dan jari sebelah kanan tempatkan ke pelipis sebelah kanan.

Setelah itu tarik lurus ke arah atas lalu tahan, Pada saat yang bersamaan anda harus menaikkan ke-2 alis anda lalu tahan selama 6 detik.

Hal ini berfungsi untuk menyingkirkan kerutan yang terdapat pada sekitar alis, dan dapat mengencangkan otot-otot pada dahi.

cara yang kedua juga hampir sama dengan cara yang sebelumnya, tempatkanlah jari anda diarea alis, lalu pijat dan tarik kearah luar.

Pada saat yang berbarengan, cobalah untuk menguap ataupun anda pura-pura menguap dengan cara membuka mulut yang selebar-lebarnya, lalu tahan gaya wajah ini selama 6 detik kemudian lepaskan.

Setelah itu cara sebaliknya dengan mendorong alis kearah dalam pada saat yang berbarengan, naikkanlah ke-2 alis anda, Pertahankan selama 6 detik.

Gerakan ini dapat menyingkirkan garis kerutan yang terdapat pada dahi, mengencangkan otot-otot wajah terutama yang diarea berada alis.

2. Melakukan Gerakan Pipi

senam wajah agar pipi tirus

Manfaat senam pipi untuk menghindari pipi kendur, dan bermanfaat juga untuk Anda yang ingin punya pipi tirus.

Cara senamnya dengan menempatkan jari tangan anda kecuali ibu jari(jempol) ke pipi anda, lalu tariklah kulit pipi anda kearah atas secara bebarengan dengan pipi kiri dan pipi yang kanan.

Kemudian tahanlah posisi ini selama beberapa detik, Ulangilah beberapa kali. Selain itu juga ada cara kedua yaitu senam gerakan pipi dan tersenyum selebar mungkin,

cara ini berfungsi untuk mengencangkan kulit pipi agar tertarik keatas, beberapa orang yang ingin memiliki pipi tirus juga banyak yang melakukan gerakan ini.

3. Gerakan Sekitar Area Kantung Mata


Caranya dengan menempelkan kedua jari anda dibawah dan diatas mata, kemudian tariklah kesamping secara perlahan lalu tahan posisi ini selama 6 detik dan lepas.

Senam mata berfungsi agar kantung dibawah mata tidak kendur, dapat mengencangkan kulit diarea lingkaran mata.

Baca juga : Perawatan Wajah Alami Sehari-Hari Di Rumah Agar Tetap Awet Muda.

4. Melakukan Stretching Bibir

senam bibir

Stretching biasa juga dilakukan sebelum olahraga dan gunanya untuk mengencangkan otot agar tidak tegang juga dan lebih elastis.

Sedangkan stretching bibir berfungsi untuk menghilangkan keriput yang terdapat pada wajah khususnya area bibir agar tetap kencang dan lentur.

Cara melakukan stretching bibir terbilang mudah, Anda hanya perlu menggerakkan bibir seperti orang mau mencium sambil mulut dikembungkan.

Cara kedua dengan menggerakkan bibir seperti orang mau tersenyum, hal ini jika dilakukan secara sering atau berkali-kali maka dapat mengurangi kerutan yang terdapat pada wajah.

Cara ini dipercaya dapat menghilangkan kerutan yang terdapat area sekitar bibir.

5. Gerakan penutup

Nah jika semua gerakan yang diatas sudah anda lakukan, sudah melakukan perenggangan otot-otot wajah, kemudian anda melakukan langkah-langkah untuk merileks kan wajah anda dibawah ini:

Bukalah mulut anda selebar-lebarnya, hingga pipi, dagu, dan bibir anda merenggang sampai kuat. Lalu tahanlah posisi ini selama beberapa detik.

Setelah itu lepaskan dan rilekskan kembali. Gerakan ini memiliki manfaat untuk melemaskan otot-oto wajah, memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan pada kulit wajah sehabis melakukan senam.

Note: Waktu yang paling tepat untuk melakukan gerakan senam wajah adalah pada malam hari sebelum Anda tidur. Dan bagi yang memiliki jerawat sebaiknya jangan melakukan senam wajah, karena dikhawatirkan jerawat akan mengalami luka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel