5 Cara Agar Anak Patuh Dan Nurut Sama Orang Tua

Cara Agar Anak Patuh Dan Nurut Sama Orang Tua

Cara Agar Anak Patuh Dan Nurut Sama Orang Tua - Bunda Pasti galau yah kalau punya anak susah sekali diatur bahkan ketika di nasihati terkadang anak selalu membantah. Jika ini terus terjadi, yang ada Kita malah ikut-ikutan tersulut emosi atau bahkan mengalah.

Perlu bunda ketahui, jangan jadikan anak yang masih kecil untuk membiarkan kenakalan nya berlanjut. Takutnya nanti hingga besar si anak akan terus melawan terhadap orang tuanya.

Namun jangan juga Bunda sampai memarahi anak apalagi sampai memukulnya, yang ada nanti anak akan semakin tidak patuh terhadap orang tua.

Terkadang kesalahan orang tua juga karena terlalu memanjakan anaknya dengan mengabulkan semua permintaan sebagai tanda kasih sayangnya. Tentunya dengan cara itu kemungkinan anak bukannya semakin patuh dan mandiri malah menjadi manja nantinya.

Cara Agar Anak Patuh Dan Nurut Sama Orang Tua

Lalu bagaimana sih cara agar anak patuh dan nurut sama orang tua? Mungkin beberapa tips ini bisa mengatasi hal tersebut.

1. Tumbuhkan rasa ingin tahu anak

Pada saat anak masih berusia dini ataupun anak-anak, maka tentunya pasti memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Ketika pada saat ada benda-benda atau hal sesuatu yang belum pernah ia lihat dan mengerti, pastinya si anak ini akan bertanya mengenai benda atau sesuatunya itu.

Anda sebagai orang tua ketika ditanya oleh anak, anda harus menjelaskannya atau menjawabnya dengan jelas dan dapat dipahami oleh anak.

Jika anda tidak tahu jawaban yang sedang ditanyakan sianak anda tidak boleh berbohong, anda harus berusaha untuk menjawab secara logis. Anda harus hindari kata "Tidak tahu", anda harus mengalihkan pembicaraan atau berusaha mencari informasi untuk menjawab.

Jika sianak ini merupakan anak yang tipenya tidak suka bertanya, maka anda terlebih dahulu harus menjelaskannya tanpa harus ditanya. Contohnya itu seperti, "Itu adalah harimau, hewan itu suka sekali memakan daging dan hewan itu memiliki taring yang sangat tajam".

2. Didik anak untuk mandiri dan bertanggung jawab sejak kecil

Pada umumnya kebanyakan setiap orang tua tentunya sangat khawatir terhadap anaknya secara berlebihan, Maka dari itu janganlah terlalu mengkhawatirkan anak secara berlebihan dan over protektif.

Anda harus mempercayai anak saat sedang melakukan hal apapun, akan tetapi anda tetap harus memantaunya dari jarak yang jauh tanpa pengekangan.

Sebagai orang tua harus mengajarkan anak untuk mengetahui benda-benda yang dimilikinya dan merapikannya setelah bermain. Dan pada saat sianak ini sudah masuk masa pendidikan sekolah, ajarkanlah anak untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Berilah uang saku dan arahkan anak agar bisa menabung.

3. Didik kemampuan berpendapat anak

Pada umumnya kebanyakan orang tua acuh terhadap pendapat anak, Karena orang tua selalu beranggapan bahwa pendapat yang disampaikan oleh anak tidak penting.

Pada saat anak berpendapat tapi pendapatnya tidak di pedulikan, hal ini akan berpengaruh terhadap anak karena nantinya sianak minder atau takut untuk berpendapat.

Orang tua itu harus belajar untuk mendengarkan pendapat yang disampaikan oleh anak. Jika si anak ini pendapatnya tidak benar anda dapat mengoreksinya.

Walaupun si anak ini berpendapat asal-asalan anda harus tetap memberinya pujian positif atau pun respon yang positif.

Jika anda memiliki anak yang pemalu, anda dapat mengajukan pertanyaan ke anak anda sehingga nantinya si anak akan menjawab dan mengeluarkan pendapatnya.

4. Contohkan suri tauladan yang baik

Contoh pertama yang pasti diikuti oleh anak adalah orang tua, maka dari itu sebagai orang tua harus mencerminkan sikap dan prilaku yang baik.

Jika ingin anak anda memliki sikap yang sopan dan tutur kata yang bijak, maka anda harus jadi orang yang pertama melakukan hal itu sebagai contoh.

Dan apabila anda ingin memiliki anak yang soleh, maka Anda harus menjadi contohnya.

Oleh karena itu, orang tua harus bisa menjadi teladan dan guru yang baik bagi anak.

5. Ajarkan anak rasa Empati, simpati, sosial, dll

Sebagai manusia memiliki rasa sosial, simpati, empati ini sangat wajib untuk dimiliki, tujuannya gar anak bisa tumbuh menjadi orang yang dapat menghargai orang lain.

Oleh karena itu anda harus mendidiknya pada saat usia dini, ajarkanlah anak anda untuk memahami lingkungan sekitarnya.

Ajarkan anak untuk bisa menghargai orang lain, dan berikan nasihat agar anak tidak boleh sombong.

Contohnya jika Ada seorang pengemis yang sedang lapar anda harus mengajarkan anak anda untuk berbagi pada pengemis tersebut. Selain itu, anda harus menjelaskannya kenapa kita harus berbagi dan memberi terhadap sesama.

Selain tips diatas tidak ada salahnya Bunda juga meminta sama Allah dengan Doa doa agar anak patuh kepada orang tua. Insya Allah jika ikhlas dan rutin, maka keinginan memiliki anak yang taat dan nurut akan tercapai.

Bukan hanya taat sama orang tua saja, bahkan pada Allah dan guru juga anak akan patuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel