Personil BTS Tidak Ikut Wajib Militer, Warga Korea Geram

personil bts wajib militer

Di Korea selatan setiap warga negara harus mengikuti wajib militer, bahkan artis sekalipun.

Namun sepertinya hal itu tidak berlaku bagi personel BTS, wacana agar BTS tidak harus mengikuti program wajib militer memang sedang menjadi perbincangan heboh di Korsel.

Pasalnya pemerintahan setempat akan membebaskan personil BTS dari program wajib militer. Memang sih pengecualian wajib milter pernah diberikan oleh seorang atlit korea yang sudah berkontribusi besar pada negara.

Namun pertanyaannya, pantaskah personil BTS mendapat penghargaan bebas wajib militer?

Hal ini menimbulkan pro dan kontra di tengah tengah warga korea, bahkan sampai ada yang mencemoh para personil BTS.

Beberapa warga Korea yang di wawancarai oleh Youtube channel Asian Boss banyak memberikan kritikan pedas terkait rencana ini. Sebagian berpendapat jika BTS tidak layak mendapatkan pengecualian wajib milter.

Salah satunya seseorang yang di wawancara ini.

“Sangat tidak masuk akal. BTS memang terkenal di luar negeri dan punya peran besar dalam mewakili Korea, tapi jika kau adalah laki-laki Korea, maka kau harus ikut wajib militer,” kata salah satu warga korea.

Namun begitu, ada juga yang mendukung BTS tidak harus ikut wajib militer, asalkan kontribusi yang diberikan di bidang musik benar benar nyata bagi negara Korea Selatan.

“Mungkin yang paling penting adalah menetapkan suatu standar. Jika seseorang memiliki pencapaian besar dalam hal KPop yang diakui oleh semua orang, aku rasa tidak masalah kalau mereka dibebaskan dari wajib militer.” ujar salah satu fans BTS.

“Jika kontribusi yang BTS berikan untuk negara memang sangat besar, kurasa tak ada masalah (tidak wajib militer).”

Namun dari wawancara tersebut, umumnya lebih banyak warga negra Korsel yang menganggap bahwa wajib militer tetap harus di ikuti personel BTS.

Baca juga: Aktor Ahn Bohyun Akui Jatuh Cinta Pada Song Hye Kyo.

Semua harus taat peraturan tak terkecuali orang yang sudah berjasa di bidang musik. Asal warga Korea, maka hukumnya wajib untuk ikut wamil.

Apalagi bagi orang yang pernah mengikuti wajib militer, menurut mereka mengikuti wamil banyak sisi positifnya. Salah satunya bisa mengubah kepribadian orang menjadi lebih baik lagi.

Bagaimana menurut kamu nih Kpopers, harus gak sih personel BTS ikut wajib militer?