9 Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

mengatasi nyeri haid berlebihan

Cara mengatasi nyeri haid berlebihan – Kalau sudah bicara soal menstruasi PMS atau apalah namanya memang kerap bikin wanita was was.

Karena terkadang haid dapat menimbulkan nyeri dan sakit yang membuat Kita malas melakukan aktivitas, bahkan mengganggu konsentrasi.

Akhirnya mau tidak mau emosi yang di kedepankan.

Sebenarnya nyeri saat haid itu wajar saja sih, karena hal itu terjadi karena saat menstruasi hormon berubah dan mengalami peluruhan di dinding rahim.

Meskipun dikatakan normal tetap saja kemunculannya membuat Kita jadi tidak tenang.

Tapi kamu tak perlu khawatir...

Cara Alami mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Untuk kamu yang mengalami nyeri haid ringan sebenarnya sangat mudah kok untuk meringankan dan mengatasi rasa nyeri saat haid. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1. Gunakan Ramuan tradisional dari Kunyit

Kunyit memiliki salah satu kandungan yang sangat dipercaya dapat membantu mengangkat sel-sel asing yang ada di dalam tubuh Yaitu Kandungan curcuminoid.

Kandungan curcuminoid dapati berperan sebagai detoksifikasi alami. Sifat ini memiliki keaktifan yang sangat baik, maka dari itu sifat ini menjadikan kunyit dapat menyerap dengan habis seluruh kandungan obat-obat medis.

Dan jika Kamu sering mengkonsumsi air rebusan kunyit, manfaatnya dapat membersihkan dinding andometrium. Hal seperti ini akan memberikan efek dinding rahim tidak terlalu berkontraksi secara berlebihan.

Sehingga rasa nyeri yang kamu rasakan akan berangsur pulih.

Jadi kesimpulannya, jika Kamu mengkonsumsi ramuan kunyit lebih baiknya tidak bersamaan dengan obat-obat medis jenis apapun.

2. Kompres perut dengan air hangat

Manfaat dari kompres perut dengan air hangat yaitu dapat membuat rileks otot otot perut. Cara ini cukup efektif untuk meredakan nyeri haid, dan cara penggunaannya tidak rumit.

Cara yang satu ini dilakukan dengan cara menempelkan kantong karet yang berisi air hangat, atau menempelkan sebuah handuk yang dibasahi air hangat ke bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri.

Cara ini juga harus disertai dengan latihan pergerakan dan pemijatan. Salah satu dampak fisiologis dari cara mengompres bagian yang nyeri dengan Handuk atau Kantong karet ini adalah dapat membuat otot tubuh kita lebih rileks.

Hal ini terjadi karena suatu peningkatan suhu yang terjadi di area tertentu, maka akan membantu proses Vasodilatasi atau Pelebaran pembuluh darah sehingga Peredaran darah Kamu bisa berjalan dengan lancar, alhasil rasa nyeri akan berangsur menghilang.

3. Melakukan Pijatan Lembut di area perut bawah

Pijatan juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk cara menghilangkan rasa sakit saat menstruasi.

Cara ini dapat Kamu lakukan dengan memijat bagian bawah perut dan bagian tulang pinggang dengan merata.

Saat melakukan cara ini Kamu harus tetap hati-hati, karena jika Kamu salah memijat maka akan menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah.

Agar cara ini dilakukan dengan hasil yang maksimal.

Sebaiknya memijat dengan tekanan ringan dengan melakukan gerakan pijatan mulai dari perut bagian bawah sampai tulang kering dengan arah memutar seperti jarum jam.

Untuk aroma therapy, kamu bisa menggunakan krim atau minyak bayi.

4. Jangan Makan Dan Minum ini dulu

Agar nyeri haid tidak semakin menyiksa, Kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman yang bisa membuat perut kembung seperti brokoli, kol, dan kopi.

Sebab makanan tersebut akan membuat rasa kembung pada perut semakin memperparah rasa nyeri.

5. Berbaring dengan bantal yang tinggi

Kamu dapat berbaring ditempat tidur atau sofa, Biasanya pada saat haid akan terjadi nyeri pada bagian perut dan punggung. Berbaring merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk beristirahat sejenak.

Coba kamu rebahkan tubuh Kamu dengan mengunakan bantal yang tinggi untuk menyangga lutut Kamu, dan ambil nafas secara perlahan lalu hembuskan perlahan. Lakukanlah cara ini berulang-ulang sampai Kamu merasakan rasa nyaman dan rileks.

Berbaring dengan cara ini juga mampu meringankan nyeri di perut bagian bawah saat haid.

6. Banyak minum air

Minum air hangat pun salah satu dari cara mengatasi Nyeri haid loh. Ketika kamu mengalami rasa nyeri pada saat haid, Saya sarankan untuk memperbanyak meminum air hangat dan mengurangi meminum air dingin.

Karena air hangat dapat mempercepat proses metabolisme tubuh, dan juga dapat membantu merelaksasikan organ pencernaan tubuh. sehingga timbul rasa yang sangat nyaman pada bagian perut.

Selain itu, hindari minuman dan makanan yang mengandung garam.

sebab terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat memperparah nyeri menstruasi.

7. Lakukan senam haid

Rasa sakit dan nyeri haid akan semakin terasa jika kamu hanya berdiam diri saja, Ada baiknya kamu bisa melakukan gerakan ringan seperti senam haid.

Dengan senam haid membuat tubuh Kamu serta otot perut semakin rileks.

8. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi

Pada saat mengalami menstruasi atau haid, maka darah Kamu akan keluar dengan cukup banyak. Hal ini dapat menyebabkan rasa pusing dan mual-mual, Karena hal tersebut membuang banyak sel darah merah yang akan mengakibatkan anemia.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi merupakan salah satu cara mengatasi nyeri haid, Hal ini untuk mengembalikan sel darah merah yang keluar.

Zat besi bisa diperoleh dari hati ayam dan beberapa makanan bergizi, Dengan Mengonsumsi hati ayam pada saat mengalami haid bermanfaat untuk menambah sel darah merah.

9. Jangan gunakan pakaian yang ketat

Jika Kamu menggunakan pakaian ketat maka aliran darah anda tidak lancar, sebaliknya jika anda menggunakan pakaian yang longgar maka aliran darah anda lancar dan memudahkan pergerakan tubuh.

Saran Kami jika Cara diatas belum bisa menghilangkan masalah nyeri dan rasa sakit saat mentruasi, sebaiknya Kamu bisa mencoba obat pereda nyeri yang ada di apotik, namun alangkah baiknya jika Kamu segera periksakan ke Dokter ahli untuk penanganan yang lebih lanjut lagi.

Baca juga: Arti Warna Darah Haid Yang Harus Kamu Tahu.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid. caranya simple dan tak perlu mengeluarkan biaya. Jadi, mengapa kamu tidak coba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel