Mengapa Perut Kembung dan Membesar Saat Haid? Ini Jawabannya

perut buncit dan kembung saat haid

Mengapa perut kembung saat menstruasi? – Wanita yang sedang mengalami menstruasi pada umumnya akan mengalami tanda-tanda yang cukup mengganggu aktivitas contohnya seperti mual, perubahan emosional, kram perut, nyeri kaki, kepala dan lainnya.

Bahkan terkadang menstruasi juga menyebabkan perut kembung dan perut buncit. Lalu kenapa sih perut bisa kembung ketika haid datang?

Penyebab Perut Kembung dan Buncit Saat Haid

Perut yang kembung saat haid biasanya muncul karena disebabkan oleh retensi air dalam jaringan. terkadang tanda-tanda ini membuat wanita cemas karena saat perut kembung berat badan cenderung naik, meskipun hal ini bukan lah hal yang cukup serius.

Selain karena retensi air, penyebab perut kembung sat menstruasi juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Seperti yang dikutip dari liputan6 bahwa penyebab perut kembung juga bisa disebabkan oleh sembelit, penurunan tingkat magnesium, mengidam makanan, atau karena makan berlebihan.

Namun penurunan kadar progesteron dan retensi air lah yang menjadi penyebab paling utama sehingga memunculkan penyebab-penyebab lainnya.

Kembung saat haid juga bisa dikaitkan dengan asupan makan yang berlebihan atau sedang mengidam makanan, perubahan tersebut terjadi karena memang adanya peningkatan metabolisme dan perubahan hormonal.

Akan tetapi hal tersebut bersifat sementara sampai masa haid berakhir.

Nah ketika menjelang haid tingkat magnesium akan menurun, sehingga tingkat insulin dalam tubuh cukup rendah.

Akibatnya dalam pikiran memiliki keinginan untuk mengkonsumsi gula berlebih, ketika hal itu terealisasi maka berat badan akan semakin naik.

Begitulah yang terjadi ketika perut kembung saat menstruasi.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Untuk mengatasi perut kembung saat menstruasi, Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini.

Baca juga : 6 Penyebab Keputihan Gatal Berlebihan Dan Berbau Tak Sedap.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula dan garam karena bisa menyebabkan retensi air meningkat.
  • Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau karena sayuran hijau bermanfaat untuk menutrisi kulit dan memberi asupan serat yang cukup, serat sangat bagus untuk meperlancar perncernaan dan membuang hormon yang berlebih dalam tubuh.
  • Hindari kedelai, Sebab makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai tinggi kandungan kadar estrogennya sehingga bisa membuat keseimbangan hormon tergganggu.

Kesimpulan: Agar terhindar dari perut membesar dan kembung setelah haid, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah adalah jalan terbaik untuk mengatasinya.

Terakhir, kurangi juga makanan dan minuman yang banyak mengandung garam dan gula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel