Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Hp Android (pdf, JPG, DOC)

Cara membuat lamaran kerja lewat email Gmail sebenarnya mudah, anda tidak perlu pergi ke warnet atau memakai jasa pembuatan surat lamaran email dengan format pdf.

Sebab HP yang anda gunakan ternyata bisa melakukan semua itu, hp anda bisa dipakai buat membuat surat lamaran kerja dengan format pdf. Bahkan dengan ukuran yang kecil di bawah 300kb. Kenapa harus 300 kb? Sebab umumnya perusahaan hanya mau membuka email berkas lamaran dengan ukuran yang kecil.

Langsung saja ya. Pertama-taman semua berkas lamaran seperti ijazah, KTP, skck dll harus di scan lebih dulu. Yang dimaksud scan berkas bukan berarti kita merubah data asli dari berkas tersebut, melainkan merubah berkas asli menjadi file pdf atau JPG yang bisa disimpan di memori hp.

Untuk scan berkas caranya mudah, anda bisa scan semua dokumen lamaran hanya dengan menggunakan hp. Jadi tidak perlu pakai komputer atau ke warnet lagi. Untuk cara scan berkas lamaran bisa anda lihat di artikel berikut : Cara Scan Dokumen Lamaran Lewat Hp Android.

Disini saya asumsikan anda sudah melakukan semua scan dokumen yang dibutuhkan menjadi format JPG atau PDF, selanjutnya masuk tahap cara membuat lamaran via email Gmail.

Sebelum mengirim lamaran, anda harus mengubah surat lamaran menjadi file pdf. Disini kita akan menggunakan aplikasi "Google dokumen" untuk merubahnya. Jika di hp android anda belum ada "Google dokumen" silahkan download dulu di play store.

Jika sudah ikuti langkah-langkah seperti berikut.

1. Buka google dokumen, agar lebih cepat langsung klik "lewati" saja.
Cara membuat lamaran kerja lewat email


2. Untuk bisa mengakses google dokumen, silahkan login dengan menggunakan akun Gmail anda.

3. Masukkan tulisan lamaran yang sudah anda ketik dengan menyentuh tombol plus berwarna merah, lalu pilih "dokumen baru"
Cara membuat lamaran kerja lewat email


4. Ketik tulisan lamaran yang baik di google dokumen, atau anda bisa copas surat lamaran yang sudah anda, dan masukkan ke Google dokumen. Jika tulisan lamaran sudah selesai diketik, Klik ceklis ✅.
Cara membuat lamaran kerja lewat email


5. Selanjutnya ganti nama dokumen menjadi "surat lamaran pekerjaan", caranya bisa lihat gambar dibawah.

Cara membuat lamaran kerja lewat email

6. Setelah semua sudah siap, saatnya mengubah format lamaran menjadi pdf dengan cara klik tombol menu di pojok kanan atas lalu klik "bagikan dan ekspor" > simpan sebagai > dokumen pdf > oke.
Cara membuat lamaran kerja lewat email


7. Tunggu beberapa detik hingga format surat lamaran berubah jadi pdf, hasilnya bisa lihat digambar seperti gambar dibawah.
Cara membuat lamaran kerja lewat email

8. Maka secara otomatis lamaran yang sudah di buat melalui Google dokumen akan langsung tersimpan di google Drive. Jika di hp anda belum terinstal Google Drive sebaiknya unduh dulu. Tapi bagi anda pengguna hp android biasanya sudah ada, karena Google Drive merupakan aplikasi bawaan Android.

9. Kalau anda ingin menyimpan lamaran tadi ke memori hp, silahkan buka google Drive. Lalu cari nama file yang sudah kita buat "lamaran kerja. Pdf" . Selanjutnya klik tombol "menu" > lalu pilih "unduh" maka file tersebut akan tersimpan ke folder download di hp anda.

Cara Mengirim lamaran kerja lewat email di hp android

1. Buka Gmail di hp android anda, lalu pilih tombol pensil di kanan bawah.
Cara membuat lamaran kerja lewat email


2. Selanjutnya masukkan email tujuan di kolom "kepada" dan jangan lupa untuk menulis Subjek Email sesuai permintaan perusahaan. Tulis juga isi email dengan kata kata yang sopan dan pendek saja.
Cara membuat lamaran kerja lewat email

3. Kemudian masukkan file lamaran kerja.pdf yang sudah dibuat tadi dengan menyentuh "lampirkan file"
Cara membuat lamaran kerja lewat email

4. Lalu silahkan anda cari file lamaran kerja Pdf tadi. sebagai contoh saya akan mengambil file dari memori hp. pilih "sisipkan dari drive jika dokumen yang ingin dikirimkan tersimpan di Google drive.

5. Jangan lupa untuk memasukkan berkas berkas lamaran yang sudah di scan seperti ijazah, KTP, skck, dan lainnya. Apabila semua dokumen sudah di upload, terakhir kirim email seperti contoh gambar dibawah.

Dengan tutorial ini anda sudah bisa menggunakan aplikasi membuat CV di hp. Selanjutnya jika sedang ada lowongan via email, Anda bisa lakukan cara ini berulang-ulang.

Kami juga sudah menyiapkan beberapa list alamat email perusahaan yang membuka lowongan kerja via email, yang bisa anda baca di artikel berikut: Daftar Lowongan kerja Via Email Terbaru.

Saran: Jangan sampai "isi email anda kosongkan, meskipun anda sudah melampirkan surat lamaran berupa format pdf beserta berkas pendukung lainnya. Isi email wajib di isi agar lamaran yang anda kirim tidak diabaikan perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel