7 Cara Lulus Psikotes Dengan Mudah (Dari Pengalaman)

Tips lulus psikotest - Bagi kalian yang baru saja lulus sekolah SMA atau SMK pasti belum pada tahu kan bagaimana sistem Psikotest itu? Psikotest itu menurut Saya adalah sebuah ujian awal saat Anda ingin memasuki lapangan kerja di perusahaan tersebut. Tes ujian psikotest sendiri bermacam -macam, dari mulai psikotest kepribadian, psikotest gambar, dan psikotest logika. Tapi menurut saya psikotest yang menakutkan itu adalah psikotest matematika. Sumpah, kalo udah di tes matematika bisa mati kutu.

Agar lulus tes psikotest, ada tahap tahap awal yang perlu Anda ketahui. Sebab menjalani psikotest tidak bisa mengandalkan kepintaran juga, pengalaman saya waktu psikotest dulu, ada yang pintar sekali matematika nya bahkan gue juga nyontek dari Dia, tapi anehnya Dia malah tidak lulus. Tapi bukan berarti kalian yang bodoh seperti Saya malah senang-senang. Nih hal hal berikut perlu Anda ketahui sebelum Psikotest.

Tips Lulus Psikotest

tips lulus psikotest

1. Anda harus tahu tempat psikotest nya

Nah buat kalian yang melamar pekerjaan pakai surat lamaran lewat pos, kadang tidak tahu tempat perusahaan yang Anda lamar ya kan? untuk itu sehari sebelum psikotest lebih baik survey dahulu tempat psikotestnya. Soalnya yang namanya psikotest biasanya pagi dan Anda harus datang tepat waktu. Nah coba kalau Anda pagi-pagi masih cari PT nya, yang ada nanti telat dan dipastikan Anda sudah sangat jelek di mata HRD.

Baca juga: 7 Cara Wawancara Yang baik Agar Diterima Kerja

2. Belajar sehari sebelum psikotest buat menghadapi tes matematika

Kalian perlu tahu nih, sebenarnya latihan psikotest itu mudah. Bahkan tes matematika yang menurut saya susah aja, semua soal nya cuma di ambil dari pelajaran SMP dan SD. Tapi meski pun pelajaran SMP, Anda jangan anggap enteng. sebab adrenalin saat Psikotest itu benar benar akan membuat otak Anda tidak bisa berjalan lancar. Karena waktu mengerjakannya saja di beri waktu hanya beberapa menit. Saya sarankan lebih baik Anda belajar dahulu sehari sebelum psikotest, lalu sekitar subuh atau pagi belajar lagi beberapa menit dan hapalkan yang tadi malam dipelajari. Khusus matematika Saya sarankan Anda harus benar benar memahami perkalian dan pembagian, itu penting banget.

3. Jangan begadang, istirahatlah yang cukup agar bisa konsentrasi saat psikotest

Konsentrasi sangat penting saat menghadapi psikotest. Maka itu jangan begadang, lebih baik istirahat yang cukup. Sebab pengalaman saya dulu, orang yang begadang terus pagi harinya ikut tes psikotest dijamin 80% gagal. Karena orang yang begadang otaknya susah buat berpikir bawaannya ingin tidur, ditambah mata merah bikin penampilan makin mengerikan.

4. Pahami penjelasan pengawas

Sebelum psikotest pasti kalian akan di kasih penjelasan bagaimana cara mengisi jawabannya. Nah di sini Anda jangan bengong, karena jika sudah dijelaskan tapi masih tanya tanya terus jadi tidak etis kan? Yang ada semakin mengurangi nilai Anda di mata HRD.

5. Awali isi pertanyaan yang mudah di jawab

Nah ini nih pernah saya alami, ketika saya penasaran dengan sebuah pertanyaan yang susah tapi tetap ngotot untuk menjawabnya. alhasil setelah penjaga psikotest teriak “waktunya tinggal 5 menit lagi ya” Saya langsung kalap dan kebakaran jenggot, karena banyak pertanyaan yang menurut saya mudah, belum di isi sama sekali.

Baca juga: Info Lowongan Kerja Terbaru Untuk SMK.

6. Mengatasi tes menggambar

Dari semua semua rangkaian test psikotest, tes yang paling Saya suka adalah tes menggambar. Intinya saat di tes gambar Anda akan disuruh menggambar sebuah objek orang, dengan nama, usia, dan mimik wajahnya. Waktu itu saya gambar teman lagi main sepak bola dengan mimik wajah tersenyum. oke kesimpulan nya jika Anda menggambar orang sedang main sepak bola, maka objek pendukungnya juga ada seperti lapangan, bola, dan tiang gawang nya. Jadi saran saya kalian gambar seseorang yang jelas dan tubuh yang lengkap, tidak perlu bagus bagus, yang penting kelihatan bentuknya dan objek di sekitar nya.

Test gambar yang kedua namanya warteg kalau tidak salah. Nah di tes gambar kedua ini Anda cuma harus membentuk sebuah gambar dari gambar yang ada. digambar itu kan ada 8 kotak, sebaiknya satu gambar dengan gambar yang lain saling bersangkutan atau terkait. contohnya, awalnya Anda menggambar jam dinding selanjutnya bisa gambar kamar tidur, meja makan, mobil, kantor, dan matahari terbenam.

7. Periksa lagi biodata diri

Setelah selesai test, jangan langsung senang dulu. Cek lagi biodata diri. Kemungkinan Anda akan dipanggil HRD lalu di suruh mengisi form biodata yang kosong. Tapi di sinilah awal HRD mengetahui ciri Anda, bahwa Anda orang yang ceroboh dan pelupa.

Hal yang terpenting sebelum menjalani psikotest yaitu jangan lupa berdoa, dan meminta pada Allah bahwa niat mencari pekerjaan karena ingin membahagiakan orang tua dan menafkahi keluarga. Serta bertujuan untuk mencari ridho Allah. Itulah jawabannya tips agar lulus psikotest yang saya rangkum dari pengalaman pribadi Saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel