Tips Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar Tetap Langgeng

Tips hubungan jarak jauh - Pacaran LDR atau disebut juga pacaran jarak jauh merupakan suatu hubungan yang terjalin erat namun dipisahkan oleh jarak dan waktu. Biasanya pria maupun wanita yang sedang menjalin hubungan jarak jauh akan mengalami rasa rindu yang sangat berat, bahkan banyak juga yang akhirnya berpisah. Menjalin LDR memang sulit, dibutuhkan rasa saling percaya dan setia agar hubungan LDR tetap awet. Jika tidak ada rasa saling percaya maka mudah sekali hubungan ini putus.

Namun tidak semua orang yang menjalani pacaran jarak jauh berakhir dengan kata patah hati dan putus, ada juga yang sukses dan berhasil bahkan hingga jenjang pernikahan. Untuk mencapai keberhasilan dalam menjalani LDR, sebenarnya semua itu tergantung oleh pasangan kita. Bagaimana ia menjaga kepercayaan agar hubungan yang terjalin tetap harmonis. Nah berikut inewsiana berikan tips pacaran LDR agar tetap awet dan langgeng hingga pernikahan.

Tips Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Setia Dan Langgeng

Tips hubungan jarak jauh ldr

1. Sering Komunikasi Dengan Video Call

Pacaran jarak jauh jaman sekarang lebih mudah, tidak seperti dulu yang hanya mengandalkan telpon dan surat menyurat via pos. Saat ini jika Kita rindu dengan pasangan cukup pakai whatsapp untuk video call. Nah buat Anda yang LDR wajib untuk sering berkomunikasi dengan video call, dengan cara ini kangen Kami bisa terobati dan bisa bertatap muka dengan pasangan meski jarak memisahkan. Aturlah waktu untuk video call dengan pasangan LDR Kamu, dijamin deh, jarak jauh akan terasa dekat dengan pacar.

2. Buat komitmen untuk tetap setia hingga pernikahan

Dalam menjalani hubungan jarak jauh, dibutuhkan sebuah komitmen mengenai hubungan kalian. Pastikan pada pasangan bahwa hubungan yang dijalin bukan sekedar main-main, harus ada keseriusan yang pasti untuk menuju akhir yang indah, yaitu pernikahan. Sehingga pasangan tidak menerka kemana jalinan cinta akan dibawa, dengan adanya komitmen bahwa kalian serius, akan membuat pasangan semakin semangat untuk menjaga keutuhan cinta yang diberikan.

3. Saling percaya untuk saling setia

Agar hubungan LDR langgeng, rasa saling percaya harus ditanamkan pada diri masing-masing. Anda harus tetap yakin dengan pasangan bahwa ia akan tetap setia meskipun terpisahkan oleh jarak. Walau Anda tidak bisa mengetahui secara pasti, apa yang sedang dilakukan sang pacar. Namun cobalah tetap untuk percaya dan memberikan kebebasan pada pasangan.

Buang jauh semua prasangka buruk, tetap jujur dan saling terbuka dengan melaporkan kegiatan apa saja yang Anda lakukan. Tentunya rasa saling percaya ini juga harus disertai dengan komunikasi yang rutin dengan pacar.

4. Jangan hubungi pasangan secara berlebihan

Komunikasi memang kunci dari hubungan jarak jauh agar tetap langgeng, tapi jika Anda menghubungi nya secara berlebihan justru akan membuat pacar Anda ilfeel. Melakukan chatting, menelepon atau mengirim email secara berlebihan akan membuat pasangan Anda merasa tidak punya privasi lagi untuk sendiri.

Terlalu berlebihan menghubungi pasangan, akan menghilangkan kesan spesial dari diri Anda dimata pasangan. Ia akan menjadi bosan dan enggan untuk menerima chatting yang Anda berikan, bahkan hal ini bisa memicu pertengkaran. Alhasil hubungan akab rentan untuk berpisah.

5. Jelaskan harapan Anda pada pasangan

Jelaskan pada pasangan apa yang Anda harapkan dari diri nya, serta utarakan mengapa hubungan LDR yang Anda jalani layak untuk dipertahankan. Dan katakan pada pacar bahwa Dia yang Anda harapkan untuk jadi pendamping seumur hidup. Berusahalah jujur satu sama lain bahwa cinta yang kalian jalin merupakan hubungan yang serius.

6. Saling berkunjung jika ada waktu

Berkunjung ke tempat pasangan diperlukan agar hubungan jarak jauh bisa langgeng dan tak membosankan. Sebab meskipun Anda sering berkomunikasi melalui telepon, tetapi bertatap muka secara langsung merupakan hal berbeda. Orang yang lama tak bertemu, ketika berjumpa akan ada getaran emosi yang membuat perasaan Anda dan pasangan diliputi rasa kebahagiaan.

7. Jadilah pendengar yang baik

Hubungan jarak jauh memang harus disertai komunikasi dua arah. Jika hanya satu arah apalagi menjadi orang yang selalu ingin didengarkan, bisa menyebabkan hubungan LDR membosankan. Kasihan pasangan Anda, aktivitas dan keluh kesahnya juga ingin didengarkan. Kadang kala jadilah pendengar yang baik, yang bisa menerima keluhan pasangan Anda. Jangan sampai Anda menyangkal apalagi selalu beranggapan bahwa Anda benar sendiri.

8. Lakukan hal kreatif agar LDR tidak bosan

Namanya hubungan jarak jauh makin lama dijalani, pastinya akan timbul rasa bosan. Sekeras apapun Anda menghindari nya, rasa bosan akan tetap muncul jika hubungan Anda hanya berjalan datar saja. Nah pada titik jenuh ini, sebaiknya segera lakukan hal positif bersama pasangan. Anda bisa bermain game online berdua atau memberikan sebuah tulisan kata cinta melalui pos. Cara-cara ini dapat menjauhkan hubungan LDR dari kata bosan.

9. Jangan sering mengumbar kata romantis

Memang agak aneh di dengar, tapi itu memang benar. Sebab jika kata romantis sering Anda umbar, maka kata kata romantis dari Anda tidak akan spesial lagi bagi pasangan. Bahkan hubungan LDR akan semakin hambar dan membosankan. Untuk itu bersikap lah biasa saja saat komunikasi, berikan kata kata romantis pada pasangan di waktu yang tepat.

10. Serahkan semua pada Tuhan

Ingat, semua manusia hanya bisa berusaha. Jika usaha diatas sudah Anda lakukan, selanjutnya doa adalah obat terakhir agar hubungan langgeng. Berdoalah dan meminta agar pasangan Anda yang kini nun jauh disana, adalah jodoh yang akan datang menjemput Anda.

Inti dari cara hubungan jarak jauh agar tetap langgeng adalah komunikasi dan saling percaya. Karena jika Anda kurang percaya dan kurang berinteraksi dengan pacar, maka akan timbul rasa saling curiga yang bisa membuat hubungan LDR kandas ditengah jalan.