Hati-hati! Screenshot Whatsapp Tanpa Izin Bisa Dipenjara

pasal screnshot whatsapp dipenjara
Saat ini banyak sekali orang yang mengambil gambar percakapan whatsapp. Alasannya pun berbeda beda, seperti bahan candaan, sebagai bukti transaksi dan berbagai macam alasan lainnya.

Tak sedikit Chat yang di screen capture kemudian di upload di sosial media, secara tak sadar hal itu sama saja mempublikasi kan ra ah privasi seseorang.

Saat ini jika anda ingin melakukan screen capture chat whatsapp sebaiknya pikir dua kali deh, entah apapun alasannya. Meskipun terlihat sepele, faktanya perilaku tersebut bisa membawa anda masuk ke penjara apabila lawan chat di whatsapp anda melakukan gugatan.

Apalagi saat ini bukanlah hal yang sulit untuk memperkarakan kasus ITE, selama punya bukti korban akan mudah melaporkan anda ke polisi.

Capture percakapan chat whatsapp yang sangat pribadi, tanpa meminta izin seseorang yang tercantum dalam chat yang di capture dapat terjerat hukuman pidana. Bahkan sudah ada undang undang ITE yang mengatur hal ini.

Baca juga: Cara Membersihkan Chat Whatsapp Agar Tidak lemot.

Aturan ini sudah tertuang pada Pasal 26 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang berbunyi.

Kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan.

Lalu pada Pasal 26 ayat 2 siapa pun yang merasa dirugikan atas tindakan capture tersebut, diperbolehkan untuk menggugat pelaku.

Nah jadi sudah tahu kan kalau screen capture chat whatsapp bisa masuk penjara? Jika memang ada hal penting yang mengharuskan anda melakukan capture percakapan whatsapp, sebaiknya minta izin dulu dengan orang yang bersangkutan.

Share artikel ini agar kerabat dekat mengetahui, bahwa melakukan screen shoot percakapan whatsapp bisa terkena pasal pidana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel