6 Cara Charge Baterai Android Baru Agar Awet

Cara charge baterai android baru - Hp android memang menyediakan berbagai macam fasilitas yang sangat memudahkan penggunanya, tak heran jika banyak orang yang sulit lepas dari hp yang dimiliki nya. Tapi masalahnya hp android punya kelemahan pada baterai nya yang sangat boros dan tidak tahan lama jika sering dimainkan.

Dan parah nya lagi, hp android terbaru saat ini semuanya menggunakan baterai tanam. Yang dimana baterai tersebut sulit untuk bisa diganti dengan yang baru. Meski pun berbagai cara dilakukan agar baterai tetap tahan lama dan awet, salah satunya dengan mengecas baterai hingga penuh 100%.

Padahal mengecas hp hingga penuh 100% justru akan mengurangi usia baterai, Hal ini sudah dijelaskan oleh perusahaan cadex, sebuah perusahaan penguji baterai hp android.

Meskipun anda berhati hati supaya baterai awet, tetap saja jika anda tidak bisa mengetahui trik nya semakin lama baterai tetap akan menimbulkan masalah. Lalu bagaimana cara membuat baterai hp andorid baru awet, tahan lama dan tidak mudah bocor?

Cara Charge Baterai Android Baru Agar Awet

Cara Charge Baterai Android Baru Agar Awet

1. Sebelum dimainkan, charger baterai baru hingga penuh

Ketika baru saja membeli hp android baru, dianjurkan untuk segera mengisi daya selama 4 jam. jangan langsung dimainkan, jangan cabut kabel charger sebelum terisi penuh, hal ini bertujuan agar kinerja betarai dalam keadaan optimal. Trik ini hanya dilakukan untuk Anda yang baru saja membeli hp baru, bukan hp yang sudah bekas.

2. Charger baterai sebelum daya dibawah 20%

Jangan menunggu baterai kosong ketika ingin mengisi daya, sebab waktu yang dibutuhkan untuk penuh bisa memakan waktu yang lama. Tak cuma itu, ngecas hp dalam keadaan baterai 0% bisa menjadi penyebab timbulnya lapisan lithium metalic.

Jika ini sering terjadi dampaknya stabilitas baterai bisa berkurang, hingga membuat malfungsi pada sistem. Cara terbaik agar baterai tahan lama adalah dengan mengecas baterai ketika daya masih tersisa 30%.

3. Jangan isi daya baterai sampai penuh 100%

Bagi anda yang beranggapan bahwa ngecharge baterai hingga penuh bikin daya baterai tahan lama, sebaiknya buang jauh jauh kesimpulan tersebut. Faktanya hal itu justru dapat membuat baterai cepat rusak dan boros,

Sebab saat baterai Li-ion dayanya dalam keadaan lemah, ia secara konstan menarik arus dan tetap beroperasi pada tegangan yang rendah. Tegangan tersebut semakin lama akan mengalami peningkatan seiring dengan pengisian daya yang tengah berlangsung, kemudian daya semakin naik pada level 70 sampai terisi penuh.

Nah peningkatan siklus itulah yang akan menyebabkan kapasitas yang besar mengalami penurunan juga. Untuk menghindari baterai cepat rusak, dianjurkan mengisi daya baterai hanya sampai level 80% saja.

4. Jangan mainkan hp saat proses Charger

Hp yang sedang di Charger sambil dimainkan akan menimbulkan parasitic load, dimana daya baterai yang sedang di cas menurun drastis. Kondisi ini sering terjadi ketika pengguna bermain game atau membuka aplikasi yang boros daya baterai.

Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya tinggalkan hp saat proses charging. Jika memang terpaksa harus membuka smartphone entah itu ada chat whatsapp atau lainnya, usahakan jangan terlalu lama memakai nya apalagi hingga kondisi baterai panas.

5. Jangan Charger baterai dalam keadaan panas

Ketika Anda baru saja memakai smartphone dan kondisi baterai dalam keadaan panas, lebih baik jangan langsung di charging. Biarkan baterai dingin terlebih dahulu, sebab jika anda langsung mengecas nya maka ketahanan baterai semakin lama akan mengalami penurunan.

6. Hidupkan Hp Android saat di charger

Mungkin anda berpikir hal ini keliru, tapi faktanya memang benar bahwa hp android masa kini saat di charger tidak boleh dimatikan. Sebab semua hp android yang baru sudah menggunakan jenis baterai Li-ion, berbeda dengan hp jadul yang menggunakan baterai jenis lithium.

Kesimpulan nya jika Anda ingin baterai hp android awet dan tidak cepat bocor, hindari memainkan hp saat di charger. Lebih baik cabut ketika ingin dimainkan. Sebab mengecas hp dikit demi sedikit lebih baik dibandingkan ngecas hp sambil dimainkan. Ingat, semua baterai hp android sekarang sudah menggunakan baterai tanam atau non-removable, yang dimana tidak mudah lagi untuk mengganti baterai yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel