HATI-HATI!!! Jangan Sembarang Memijat Bayi Jika Ingin Tidak Berujung Petaka Seperti Ini

pemijatan bayi
Sejak zaman dulu pijat bayi sudah sangat populer dilakukan para orang tua. bahkan ada yang beranggapan kalau pijat bayi merupakan seni kuno yang baik untuk kesehatan sang buah hati.

Akan tetap bunda perlu mengetahui kalau bayi pinya kulit yang sangat lembut, sehingga harus hati-hati memijitnya ataupun menyentuhnya.

nah yang jadi pertanyaan apakah memijat bayi itu baik untuk kesehatan anak? Tentunya bagi ibu yang baru saja punya anak sangat ingin tahu tentang hal ini.

berikut beberapa penjelasan serta fakta yang harus Bunda ketahui.

Sebenarnya melakukan pijat terhadap bayi bukan suatu yang harus dilakukan tapi kepada pilihan bagi tiap orang tua. Namun banyak yang mempercayai jika pijatan yang dilakukan mampu menjalin ikatan pada bayi apalagi jika dilakukan di hari pertama kelahiran.

tapi apa sih manfaatnya?

Walaupun tak sedikit yang percaya jika pijat bisa membantu untuk perkembangan tulang, sirkulasi darah yang baik dan dalam membentuk tubuh bayi, belum ada bukti cukup kuat yang bisa membuktikan semua ini.

Namun jika orangtua memijat bayi dengan metode yang benar, tentunya bisa bermanfaat untuk terjalinnya hubungan antara keduanya. Selain itu, pijat pun bisa membantu bayi rileks dan tidur nyenyak.

Sayangnya, pijat juga akan membawa petaka jika tak dilakukan dengan cara yang benar. Sebab selain akan menyakiti sang buah hati, pijatan akan menyebabkan masalah lain yang diluar dugaan.

Masalah yang muncul juga bisa disebabkan oleh tangan orangtua atau orang lain yang memijat bayi tidak bersih, bayi mungkin akan menderita infeksi disebabkan bakteri.

Disisi lain, tubuh lembutnya dan rentannya tulang bayi tidak kuat mendapat banyak tekanan. sebab itu, tidak dianjurkan sembarang orang untuk melakukan pijat bayi.

Lalu siapa yang sebaiknya melakukannya?

Orangtua, akan tetapi usahakan agar kondisi suasana hati saat memijat sedang dalam keadaan baik dan tidak disanjurkan melakukannya ketika sedang frustrasi atau dalam kondisi hati sedang marah.

Jika Bunda benar-benar sedang rileks, itulah waktu yang sangat tepat untuk melakukan pemijatan.

Jangan pernah memijat bayi dengan menggunakan minyak apa pun.

Lebih baik, gunakan minyak bayi biasa dengan sentuhan lembut dengan jemari Ibu.

Saat melakukannya, amati reaksi anak dan kemudian lanjutkan. Lanjutkan hanya jika bayi menikmati. Tapi, berhentilah jika bayi tidak menyukainya.

Sumber: http://www.tribunnews.com/kesehatan/2017/07/20/aman-gak-sih-bayi-dipijat-simak-faktanya-jangan-sembarangan-jika-tak-ingin-berujung-petaka?page=2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel