Lion Air Siap Memberikan Sanksi Tegas Untuk Pilot Yang Membawa Keluarganya Ke Kokpit

Beberapa waktu lalu sempat viral video yang memperlihatkan perdebatan antara isteri seorang pilot Lion Air dan penumpang yang bernama Citra. Hal tersebut diawali Citra Rienanti yang melihat seorang penumpang wanita  beserta bayinya duduk di nomor 1 F dan 1 E. Kejanggalan mulai terlihat ketika seorang pramugari memeberi  kode kepada penumpang tersebut kemudian penumpang tersebut tidak kunjung kembali ke tempat duduknya. 
Sumber: tribunnews.com
Citra mengira ibu tersebut pergi ke toilet untuk mengganti popok namun setelah Citra mengecek toilet terdekat penumpang tersebut tidak ada.
Karena penasaran Citra menanyakan hal tersebut kepada salah seorang pramugari, kemudian pramugari menjawab dengan ragu bahwa penumpang tersbeut masuk ke kokpit pesawat. Citra menanyakan apakah boleh penumpang masuk ke kokpit, namun penumpang tadi memarahi Citra dan menganggap Citra terlalu mencampuri urusan orang lain. Perdebatan keduanya  terjadi hingga pesawat mendarat di Bandara  Soekarno-Hatta.

Setelah Citra memposting kisah yang dialami tersebut pihak Lion Air menghubungi Citra untuk meminta maaf serta berterimakasih atas laporan yang diberikan Citra. Public Relations Manager Lion Air, Andy M Saladin mengatakan pihaknya akan melakukan investigasi terkiat kasus tersebut dan apabila ditemukan pelanggaran akan memberikan sanksi tegas.

Peru diketahui bahwa peraturan keselamatan penerbangan sipil Indonesia memperbolehkan selain kru pesawat untuk menempati  kursi tambahan di kokpit dengan syarat memenuhi  3 perizinan. Yakni izin dari Ditjen  Perhubungan Udara Kemenhub, perusahaan maskapai, dan pilot yang bertugas. Namun setelah insiden 911 peraturan keamanan tersebut lebih diketatkan. Untuk beberapa negara atau maskapai  ruang khusus pilot harus terkunci dari boarding hingga semua penumpang keluar pesawat.

Sebelumnya diketahui bahwa Citra melihat hal tersebut ketika ia dan suaminya menumpangi pesawat  Lion Air rute Denpasar –Jakarta  dengan nomor penerbangan JT 015. Ia kemudian memfoto dan merekam kejadian yang kurang menyenangkan itu dan membagikan pengalamannya ke media sosial. Sontak hal tersebut menjadi viral dan masyarakat menyayangkan kejadian tersebut, dimana seharusnya seorang pilot sepatutnya tidak melanggar peraturan penerbangan untuk keamanan dalam penumpang. Berikut videonya



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel