Heboh! Muncul Di Komik Manga jepang, Menteri Susi Dijadikan Seperti Ini

menteri susi di komik

Beberapa waktu lalu Indonesia sempat heboh setelah ditemukannya sebuah komik atau manga di Jepang yang memiliki karakter atau gambar mirip dengan menteri perikanan dan kelautan Susi Pudjiastuti.

Komik tersebut berjudul Goglo 13, diketahui komik tersebut pertama diterbitkan di jepang tahun1968 oleh Takao Saito. Bahkan komik tersebut telah diadaptasi ke dalam beberapa macam seperti anime live action, serta gim. Komik tersebut bercerita tentang menenggelamkan kapal illegal yang meyelundukan narkotika serta pembunuh bayaran misterius yang tentunya berbeda dengan ibu Susi yang bertindak sebagai menteri perikanan yang memberantas kapal-kapal illegal yang mencuri hasil laut Indonesia.

Dalam akun twiter @IwanPalsu menjelaskan bahwa komik tersebut merupakan edisi terbaru serta memiliki lebih dari satu cerita. Goglo 13 diterbitkan oleh Shogakukan Asia melalui majalah Big, sebelumnya Shogakukan juga menerbitkan komik popular seperti detective Conan. Diketahui biasanya Shogokukan memang menerbitkan sejumlah komik dengan karakter tokoh terkenal dari berbagai negara seperti perdana menteri Singapura Lee Kuan Yee.

Sebelumnya komik tersebut membuat heboh lantaran terdapat karakter yang berpakaian dan memiliki cirri fisik yang sangat mirip dengan menteri Susi Pudjiastuti yang nyentrik serta pemberani. Bahkan latar atau tema dari komik tersebut juga mirip seperti menenggelamkan kapal-kapal illegal dilaut. Bahkan ditemukan sebuah foto menteri Susi Pudjiastuti yang mengenakan seragam lorek serta topi tentara dan kacamata hitam sedang berada di sebuah kapal di tengah laut. Latar tersebut benar-benar mirip dengan komik goglo 13.

Dalam komik Goglo 13, tokoh yang diketahui mirip menteri susi tersebut bernama ibu Supi seorang menteri pertahanan yang menangani kasus narkoba yang sangat tegas. Menteri perikanan dan kelautan Susi Pudjiastuti memang sering diperbincangkan dikalangan netizen karena sikap beraninya dan keuletannya dalam menangani berbagai kasus penyelundupan kapal-kapal illegal. Bahkan beliau sering menjadi karakter untuk meme hingga komik popular asal Jepang. Berita kemiripan tersebut telah beredar luas, baik di media sosial seperti twiter, intagram, dan facebook, maupun berita- berita elektronik.