Begini Kronologi Aksi Dukung Ahok Sangat Rusuh, Polisi Pun Lepaskan Tembakan Peringatan

aksi dukung ahok rusuh

Aksi damai pendukung Ahok di Tugu Yogyakarta sempat diwarnai ketegangan, diduga ada sekelompok orang yang berusaha merusak acara aksi damai tersebut. Sebelumnya para simpatisan Ahok berkumpul di Tugu Yogyakarta. Aksi tersebut dilakukan dengan menyalakan lilin serta berpakaian putih dengan pita hitam mengelilingi Tugu Yogyakarta sambil menyanyikan lagu nasionalisme dan orasi.

Pakaian putih diibaratkan hati yang tulus dan dan bersih sedangkan pita hitam diibaratkan sebagai bentuk keprihatinan masyarakat terhadap vonis hukuman Ahok yang mereka anggap tidak adil. Bahkan sejumlah artis seperti Giring nidji, Luna Maya, Ernest Prakasa, Sherina Munaf, serta Asmaraabigail memposting gambar hitam sebagai wujud simpatisnya terhadap Ahok.

Dalam aksi damai pendukung Ahok tersebut sempat mengalami ketegangan diduga ada sekelompok orang yang berusaha membubarkan aksi simpatisan Ahok tersebut. Polisi bahkan sempat melepaskan tembakan peringatan serta menahan 6 orang yang diduga sebagai provokator yang berpakaian mirip preman. Para pelaku pembubaran diduga membawa senjata diantaranya berupa tongkat kayu.

Puluhan perusuh tersebut membunyikan kenalpot sepeda motor dengan keras, Bahkan di duga ada sebuah pesan berantai yang memerintahkan seluruh lascar Islam untuk berkumpul di suatu titik dan menuju ke Tugu. Dalam pesan tersebut juga menyerukan kepada peserta untuk membawa sorban atau penutup muka, pemukul atau pedang komando, pasta gigi, bom molotov, atau nanas, seragam lascar dan sepatu lapangan. Pesan tersebut mengatasnamankan dirinya sebagai Forum Umat Islam DIY.

Usai penahanan 6 orang yang diduga sebagai provokator, simpatisan Ahok kembali melanjutkan aksinya diantaranya menyanyikan lagu nasionalisme serta menyalakan lilin. Mereka meminta keadilan ditegakan dan menolak sentiment berbasis agama.

Diketahui pula aksi simpatisan Ahok dilaksanakan tidak hanya di Yogyakarta namun juga di Bali. Aksi tersebut diisi dengan doa bersama serta menyalakan lilin untuk Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Puputan Renon Bali, pada tanggal 11 Mei 2017. Para simpatisan berharap Ahok tetap tabah menjalani vonis 2 tahun penjara tersebut. (Sumber: https://nasional.tempo.co/read/news/2017/05/10/058874292/aksi-dukung-ahok-di-yogyakarta-diserang-polisi-lepas-tembakan)

0 Response to "Begini Kronologi Aksi Dukung Ahok Sangat Rusuh, Polisi Pun Lepaskan Tembakan Peringatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel